Jumat, 04 Maret 2011

naskah drama-persahabatan

Pengertian Drama
         Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalan suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara adalah sebutan lain dari drama di mana sandi adalah rahasia dan wara adalah pelajaran. Orang yang memainkan drama disebut aktor atau lakon.
         Drama menurut masanya dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu drama baru dan drama lama.
1. Drama Baru / Drama Modern
Drama baru adalah drama yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada mesyarakat yang umumnya bertema kehidupan manusia sehari-hari.
2. Drama Lama / Drama Klasik
Drama lama adalah drama khayalan yang umumnya menceritakan tentang kesaktian, kehidupan istanan atau kerajaan, kehidupan dewa-dewi, kejadian luar biasa, dan lain sebagainya.
Macam-Macam Drama Berdasarkan Isi Kandungan Cerita :
1. Drama Komedi
Drama komedi adalah drama yang lucu dan menggelitik penuh keceriaan.
2. Drama Tragedi
Drama tragedi adalah drama yang ceritanya sedih penuh kemalangan.
3. Drama Tragedi Komedi
Drama tragedi-komedi adalah drama yang ada sedih dan ada lucunya.
4. Opera
Opera adalah drama yang mengandung musik dan nyanyian.
5. Lelucon / Dagelan
Lelucon adalah drama yang lakonnya selalu bertingkah pola jenaka merangsang gelak tawa penonton.
6. Operet / Operette
Operet adalah opera yang ceritanya lebih pendek.
7. Pantomim
Pantomim adalah drama yang ditampilkan dalam bentuk gerakan tubuh atau bahasa isyarat tanpa pembicaraan.
8. Tablau
Tablau adalah drama yang mirip pantomim yang dibarengi oleh gerak-gerik anggota tubuh dan mimik wajah pelakunya.
9. Passie
Passie adalah drama yang mengandung unsur agama / relijius.
10. Wayang
Wayang adalah drama yang pemain dramanya adalah boneka wayang. Dan lain sebagainya.
Unsur-unsur Drama
& Intrinsi (unsur dalam)
        Unsur intrinsik atau disebut juga unsur dalam adalah unsur yang tidak tampak. Ini yang kita sebut di atas tadi sebagai kajian interteks. Dalam intrinsik ada:
< tema: yaitu ide pokok yang ingin disampaikan dari sebuah cerita. Tema sering pula dikatakan dengan nada dasar drama. Sebuah tema tidak terlepas dari manusia dan kehidupan, misalkan cinta, maut, dan sebagainya. Jika ada yang menyebutkan temanya romantis, itu adalah bias pengertian. Romantis bukan tema, tetapi gaya yang digunakan oleh penulis. Dalam kasus dimaksud sebenarnya temanya adalah cinta/ percintaan. Jalan ceritanya yang dibuat menjadi romantis. Ini hanya perkara gaya/style (di lain waktu akan kita bicarakan masalah gaya atau style penulis tersebut).

< alur/ plot: yaitu jalan cerita. Dalam alur sebuah naskah drama bukan permasalahan maju-mundurnya sebuah cerita seperti yang dimaksudkan dalam karangan prosa, tetapi alur yang membimbing cerita dari awal hingga tuntas. Dimulai dengan pemaparan (perkenalan awal tokoh daAn penokohan), adanya masalah (konflik), konflikasi (masalah baru), krisis (pertentangan mencapai titik puncak–klimak s.d. antiklimaks), resolusi (pemecahan masalah), dan ditutup dengan ending (keputusan). Ada pula yang menggambarkan alur dalam sebah naskah drama itu pemaparan—masalah—pemecahan masalah/resolusi—keputusan.
< Penokohan: karakter yang dibentuk oleh setiap dialog tokoh.
< latar/setting: yaitu tempat kejadian. Latar atau setting berbicara masalah tempat, suasana, dan waktu.
< Amanat: yaitu pesan yang hendak disampaikan penulis dari sebuah cerita. Jika tema bersifat lugas, objektif, dan khusus, amanat lebih umum, kias, dan subjektif.

& Ekstrinsi (unsur luar)
          Unsur-unsur luar adalah unsur yang tampak, seperti adanya dialog/ percakapan. Namun, unsur-unsur ini bisa bertambah ketika naskah sudah dipentaskan. Di sana akan tampak panggung, properti, tokoh, sutradara, dan penonton

Pemeran dan Sifat-Sifat Tokoh
Sutradara : Bangun Naomi Marcelina

Pemain    
1.      Andi                : Seorang anak lelaki yang nakal
2.      Asri                 : Siswi
3.      Ayu                 : Siswi
4.      Naomi                        : Guru Biologi
5.      Bunga             : Siswi
6.      Lusi                 : Siswi
7.      Lutfi                : Siswa
8.      Via                  : Musuh Andi
9.      Renaldi           : Teman Andi
10. Elvan              :  Teman Andi
Karakter pemain:
1.      Andi                : nakal, jail, dan sombong.
2.      Asri                 : Perhatian, dan baik
3.      Ayu                 : Berani
4.      Naomi                        : Tegas
5.      Bunga             : Pendiam
6.      Lusi                 : Penakut
7.      Lutfi                : Setia kawan
8.      Via                  : Berani, jail, musuh Andi
9.      Renaldi           : Anak buah Andi
10. Elvan              : Anak buah Andi

Properti Yang Digunakan
1.      Tas sekolah
2.      Tumbuh-tumbuhan
3.      Alat Tulis
4.      Perlengkapan guru
5.      Senter
6.      Dll

Prolog
Andi                 : ”Wey bro…” (memasuki kelas)
Via                   : ”Datang-datang bukannya ucapin salam”
Andi                 : ”Gua Tanya lu siapa? Emak bukan? Pacar apalagi? Jadi apa urusannya?”
     Via                  : ”Emang ada yang mau jadi pacar lu ya Ndi? Kasihan banget ya cewek itu? Ya gak sih Lus?”
Lusi                  : ”Gak tau deh gua, iya-iya aja deh.”
Andi                 : ”Kasihan banget gak didukung sama teman sendiri. Banyak lagi yang  mau sama gua, kan gua keren.”
Ayu                  : ”Andi gua bilangin aja ya, yang dibutuhin seorang cewek itu bukan hanya  keren tau.”
Lutfi                 : ”Setuju banget deh sama Ayu.”
Andi                 : ”Itu sih namanya cewek standar.”
Ayu                  : ”Terserah apa kata lu aja deh.”

Tak terasa perbincangan mereka berhenti bersama suara bel masuk berbunyi. Kriiiing…………… Kriiiiiinggg………………… Kriiiingggg…………!!!!!!
Renaldi            : ”Weh Lusi, jam pertama itu pelajaran IPS ya?”
Lusi                  : ”Iya.”
Elvan               : ”Kenapa muka lu jadi ketakutan gitu?”
Renaldi            : ”Kan sekarang ulangan IPS tau. Inget tidak?”
Elvan               : ”Gua ngerti, jadi maksud lu itu belum belajar ya?”
Renaldi            : ”Hehehe tau aja dah fans gua mah. Abisnya semalaman gua online sie.”
Elvan               : ”Lagian kebiasaan.”
Lutfi                 : ”Trus lu udah belajar belum van?”
                          (nyambung dalam percakapan Elvan dan Renaldi)
Elvan               : ”Udah dong, tapi gak tahu masuk ke otak pa gak hehe.”
Lutfi                 : ”Wey kita sama. Tos dulu !!!!” (toosss)
Andi                 : ”Ah lu pada ribet banget. Tinggal nyontek aja juga, susah banget.”
Asri                  : ”Yee…lu Ndi, nyontek jadi solusi.”
Andi                 : ”Biarin ja sih.. Mau ikutan?”
Asri                  : ”Males banget, gabung sama aliran sesat.”

Bu Guru datang dan suasana kelas seketika menjadi tenang.
Naomi             : ”Pagi anak-anak.”
Renaldi            : ”Yees Pak Agung enggak masuk, berarti gak jadi ulangan.”
Naomi             : ”Renaldi benar hari ini Pak Agung tidak hadir, karena ada halangan. Taapii…”
Renaldi            : ”Waaah gak enak ini kayaknya. Tapinya apa bu??? Pasti tetap ulangan deeh?”
Naomi             : ”That’s right.”
Renaldi            : ”Yaaah……… Gubraaaakk” (lemas)
Naomi             : ”Kenapa Renaldi? Kamu tidak mau ulangan?”
Elvan               : ”Ah Ibu kaya gak tahu renaldi saja. Dia pasti belum belajar.”
Naomi             : ”Ya sudah sekarang semua buku masukan. Dan setelah ini Ibu punya kabar gembira untuk kalian.”
Ayu                  : ”Tatakan boleh kan bu? Ibu kan baik. J
Naomi             : ”Untuk kali ini tidak Yu, karena ini amanat dari Pak Agung.”
Andi                 : ”Tau ini Ayu protes aja.”
Ayu                  : ”Ya udah si Ndi orang gua ini yang nanya.”

Ditengah ulangan sedang berlangsung tiba-tiba Via menegur Andi.
Via                   : ”Eh Andi lu nyontek ya?”
Andi                 : ”Kok lu tau sih. Kenapa mau ikut juga?”
Via                   : ”Ye sorry..”
Andi                 : ”Yee muna banget lu, soalnya susah kan?”
Via                   : ”Walaupun susah juga, gua gak bakal nyontek kaya lu apalagi liat buku kan parah banget.”
Asri                  : ”Astagfirullah, berantem aja ya.”
Lusi                  : ”Tau ni lagi ulangan juga.”
Ayu                  : ”Ssstt…. Ribut aja”
Naomi             : ”Eh kalian ini lagi ulangan. Ibu tidak suka ada anak yang ribut saat ulangan.”
Andi                 : ”Tau tuh bu si Via nyontek.”
Naomi             : ”Betul Via kamu nyontek?” (menghampiri Via)
Via                   : ”Enggak bu, saya malah memergoki Andi sedang nyontek.”
Andi                 : ”Tuh kan bu, malah nuduh balik.”
Via                   : ”Iiiih apa-apaan lu, bisa banget ngomongnya.”
Ayu                  : ”Weh diem apa? Ni lagi ulangan susah tau ditambah lu lagi pada ribut.”
Asri                  : ”Tau ya.”
Naomi             : ”Sudah sudah kalian ini berisik saja bisanya (nada marah). Waktu kalian hanya 15 menit lagi.”
Andi                 : ”Yah Bu, saya baru no.3, 7 no.nya lagi belum Bu mana esai lagi bu.”
Naomi             : ”Salah sendiri kamu ngobrol terus dari tadi.”
Andi                 : ”Yah Ibu mah gitu sama saya.”
Naomi             : ”Sudah-sudah cepat kamu kerjakan.”

Tiba-tiba waktu 15 menit selesai dengan begitu cepatnya dan Bu Guru menyuruh anak-anak untuk mengumpulkan ulangannya.
Naomi             : ”Anak-anak waktunya sudah habis, cepat kalian kumpulkan.”
Andi                 : ”Yah Bu cepat banget.”
Ayu                  : ”Alhamdulillah selesai juga.”
Via                   : ”Udah protes mulu niih. Cepet kumpulin.”
Andi                 : ”Santai aja kali. Niih.” (memberikan kertas kepada Via)
Naomi             : ”Anak-anak tugas Ibu sudah selesai menggantikan Pak Agung. Selamat Pagi semua.”
Semua             : ”Pagi Bu.”

Ulangan pun selesai, Bu Guru langsung keluar kelas. Anak - anak pada berbincang – bincang mengisi waktu mereka setelah selesai ulangan.
Renaldi            : ”Akhirnya ulangannya selesai juga.”
Elvan               : ”Selesai sih boleh, tapi hasilnya gimana? Memuaskan gak?”
Renaldi            : ”Hhehe gak tau deh.”
Lutfi                 : ”Ah elah sama kaya gua dong.”
Bunga              : ”Makanya belajar yang serius.”
Andi                 : ”Tau deh yang pinter.”
Bunga              : ”Gak sih gua gak merasa pinter kalii.”
Ayu                  : ”Bunga pinter sih ya gak Sri?”
Asri                  : ”Ya bener tuh.”
Via                   : ”Oh iya Ndi tadi ngapain lu bilang ke Bu Naomi gua yang nyontek padahal itukan elu?”
Andi                 : ”Suka-suka gua donk, mulut-mulut gua ini.”
Via                   : ”Gak gitu juga dong. Itu namanya fitnah tau.”
Andi                 : ”Udah ah bawel lu. Nasehatin gua mulu.”
Setelah Bu Naomi keluar untuk menaruh kertas ulangan dimeja Pak Agung, akhirnya Bu Naomi tiba kembali untuk memberitahu kabar gembira yang dijanjikannya.
Naomi             : ”Nah sekarang Ibu akan kasih tahu kabar gembiranya.”
Anak-anak       : ”Apa bu?”
Naomi             : ”Besok kita akan mengadakan pengamatan alam di Hutan Sisadane.”
Siswi                : ”Asyiik pasti seru.”
Andi                 : ”Ya elah pengamatan alam doang hebohnya selangit.”
Lutfi                 : ”Kaya tidak tahu cewek aja sih Ndi. Jangan heran kali.”
Andi                 : ”Yoi banget men.”
Ayu                  : ”Yee sirik aja, kaya pernah ke hutan ja.”
Andi                 : “Yah Fi dia gak tahu kalau kita anak hutan. Ya tidak?”
Lutfi                 : ”Apa? Kita? Perasaan lu aja deh gua gak.”
Ayu                  : ”hahaha kasihan deh. Ehm gimana ya kalau misalnya anak hutan eh maksud gua orang utan hilang di hutan juga.” (terpotong oleh Via)
Via                   : ”Amin banget Yu.”
Naomi             : ”Sudahlah jangan pada ribut, ini akan Ibu bagikan surat edaran mengenai pengamatan kita nanti. Kalian juga bisa menyiapkan peralatannya. Via tolong bantu Ibu bagikan surat ini pada teman-teman.”
Via                   : ”Iya Bu (ketika membagikan surat tepat dimeja Andi) hah semoga aja kamu hilang ya di hutan.”
Andi                 : ”Hah, makasih banget do’anya.”
Naomi             : ”Sudah dulu ya pelajaran Ibu hari ini, karena sekarang Ibu ada urusan.”
Andi                 : ”Yees pulang.”

Bu Guru keluar dan suasana kelas mulai gaduh
Asri                  : ”Hey teman-teman saya pulang duluan ya.”
Siswi                : ”Oke deh cantik, hati-hati ya di jalan.”
Asri                  : ”Sip.”

Setelah semua anak berhamburan keluar dan segera pulang kerumah untuk menyiapkan kebutuhan pengamatan alam besok. Dan keesokan harinya saat sedang menunggu Bu Guru datang.
Renaldi            : ”Bujud, bawaan gua bejibun euy.”
Elvan               : ”Ah elu segitu doang juga.”
Renaldi            : ”Segitu doang Mbah mu, ini angkat?”
Elvan               : ”Ya ampun tas ini isinya batu semua kali ya. Berat banget. Ngapain lagi nih bawa batu kehutan? Dasar koplak.”
Renaldi            : ”Ye. Liat dulu dalamnya baru ngomong, dasar Mbah Marijan hahahaha.”
Andi                 : ”Wey ada apa nih ketawa-ketiwi? Ikutan dong.”
Renaldi            : ”Yee. Somplak datang-datang nyamber mulu.”
Bunga              : ”Ya elah yang ditunggu-tunggu dari tadi tuh Bu Naomi
                          eh si orang utan yang datang.”
Andi                 : ”Lucu kau. Tau aja nih gua orang utan.”
Lutfi                 : ”Jadi, benar kamu orang utan Ndi.”
Andi                 : ”Ya tidaklah dodol. Lagian makanin tiang listrik mulu sih jadi otaknya konslet.”

Semua anak dikelas terbahak-bahak dengan celotehan Andi dan kawan-kawan. Dan saat itu juga Bu Guru dan Siswi lainnya datang secara bersamaan.
Naomi             : ”Ada apa nih pada ribut?”
Andi                 : ”Biasalah Bu banyak yang ngefans.”
Via                   : ”Iya kan ngefans kita semua ‘ANDI ORANG UTAN HATERS’. Ya tidak teman- teman?”
Semua             : ”hahaha iya Bu.”
Ayu                  : ”Love you cantik.”
Via                   : (mengancungkan ibu jari)
Naomi             : ”Ya sudah. Kalian siap?
Siswi                : ”Siap dong Bu.”(berteriak)
Andi                 : ”Eh anak cewek itu punya toa dimana sih cempreng dan nyaring banget dah suaranya kalau teriak.”
Ayu                  : ”Punya dong Ndi, nih di ketiak ada.”
Naomi             : ”Ayu..Ayu, sudah. Ayo sekarang kita jalan.”
Akhirnya sampai dihutan, dan Bu Guru segera memberi intruksi pada anak muridnya itu
Naomi             : ”Anak-anak kalian akan di bagi dahulu menjadi beberapa  kelompok, nah nanti kalian pengamatannya secara perkelompok. Ibu akan beri kalian waktu 1jam, setelah itu kalian kembali lagi ke tempat ini.”
Lusi                  : ”oke deh bu.”
Via                   : ”Eh Ci, Semoga aja si Ibu tidak memilih saya menjadi kelompoknya Andi.”
Lusi                  : ”hahaha lucu ngelihat kalian berdua berantem, eh kan ada perumpamaan benci jadi cinta hehe.”
Andi                 : ”Idiih amit-amit dah pacaran sama si kuntet Via.”
Naomi             : ”Sekarang dengarkan Ibu. Kelompok 1 itu Andi, Via, dan Ayu. Kelompok 2. (terpotong oleh Via)
Via                   : ”Ah Ibu tidak seru banget saya dengan Andi.”
Naomi             : ”Sudahlah dengarkan Ibu dulu. Kelompok 2 itu Lusi, Lutfi dan Elvan. Dan Kelompok 3 itu Asri, Renaldi, dan Bunga. Sekarang kalian bias mulai untuk pengamatan.”
Via                   : ”Bu saya tidak mau bersama Andi.”
Naomi             : ”Ya sudah nanti kamu tidak mendapatkan nilai.”
Via                   : ”Ah Ibu.”

Kelompok Andi akhirnya sampai ditengah hutan.
Andi                 : ”Eh kita udah berapa pengamatan?”
Ayu                  : ”Satu pun belum Andi.”
Andi                 : ”Ah kamu yang mikir aja ya.”
Via                   : ”Ah kamu mau enaknya aja. Sekarang saya mau ke toilet dulu.”
Andi                 : ”Gih sono, sekalian aja gak balik-balik lagi.”

Ayu sedang sibuk pengamatan sampai tidak menyadari bahwa sedari tadi Via belum juga kembali dan Andi pun malah bersikap acuh.
Ayu                  : ”Akhirnya selesai juga, yok kita ke tempat istirhat.”
Andi                 : ”Huh.”

Sampai juga ditempat istirahat dan ternyata semuanya sudah berkumpul.
Lusi                  : ”Eh kok kalian hanya berdua?”
Asri                  : ”Coba deh Bu di absen, kayanya ada yang kurang.”
Naomi             : (mengabsen dan sampai pada absen terakhir) “Via Via ada tidak?”
Lutfi                 : ”Wah jadi Via yang tidak ada.”
Lusi                  : ”Yu si Via kemana?”
Ayu                  : ”Tidak tahu saya juga karena tadi saya asyik pengmatan sampai lupa dengan Via.”
Asri                  : ”Gimana kalau kita mencari Via dan membagi kelompok?”
Naomi             : ”Ide bagus. Asri dan Ayu kalian bisa cari berdua saja kan, anak laki juga bantu mencari ya.”
Asri                  : ”Okeh bu.”

Semua saling berpencar mencari Via.
Andi                   : ”Eh teman-teman Saya cari sendiri aja ya?”
Lutfi                   : ”Ya sudah. Hati-hati.”
Renaldi              : ”Tumben amat tuh orang.”
Elvan                 : ”Ayo cari lagi”

Ketika Ayu dan Asri sedang berjalan tiba-tiba disisi depan terlihat seseorang.
Asri                    : ”Yu itu siapa?”
Ayu                    : ”Ah kita tanya saja orang itu?”
Asri                    : ”Ide bagus lah.”

Mereka mendekati orang itu.
Ayu                    : ”Permisi pak.”
Andi                   : ”Iya ada apa kalian kesini?”
Asri                    : ”Saya mau mencari teman saya yang hilang, apa bapak lihat?”
Andi                   : ”Namanya Via.”
   Ayu                    : ”Kok Bapak tahu?”
Andi                   : (balik badan) “Yaiyalah, saya kan temannya.”
 Ayu                   : ”Iih komplak ngagetin aja.”
Andi                   : ”Yuk kita cari Via bareng-bareng.”
Asri                    : ”Tumben lu buncit?”
Andi                   : ”Aku kan punya hati kempot.”
Saat perjalanan mencari Via di kejauhan terlihat seseorang yang terjatuh dan mereka mulai berlari mendekatinya.
Ayu                    : ”Eh lihat ada yang jatuh.”
Asri                    :  ”Via.”(kaget)
Ayu                    :  ”Aduh akhirnya kamu ketemu juga, yuk kita ketempat istirahat.”

Mereka semua menuju ketempat istirhat.
Bunga                : ”Bu lihat itu siapa?”
Naomi               : ”Hah Via.”
Siswa                 : ”Akhirnya ketemu juga”
Via                     : ”Ibu maaf ya sudah bikin repot.”
Naomi               : ”Iya tidak apa-apa. Yuk sekarang kita pulang.”

Ke-esokan harinya di sekolah terjadi banyak perubahan pada diri Andi.
Andi                   : ”Pagi semua”
Lusi                    : ”Bung kok si Andi berubah sih?” (berbisik)
Bunga                : ”Udah insyaf kali gara-gara kemarin.”
Ayu                    : ”Hai Unge.”
Bunga                : ”Hallo.”
Lusi                    : ”Eeh sini deh, tadi si Andi udah berubah tau dia ngucapin salam.”
Via                     : ”Udah jangan ngomongin orang.”
Andi                   : ”Vi saya minta maaf.”
Via                     : ”Iya udah dimaafin kok.”
Anak cewek       : ”Ciee….”
Naomi               : ”Pagi anak-anak, sekarang Ibu akan meliburkan kalian karena kemarin kita sudah pengamatan. Nah untuk Andi dan Via gimana nih masih berantem?”
Asri                    : ”Tidak dong bu.”

Semua anak keluar kelas dan saling bergandengan tangna serta tertawa suka ria. Akhirnya tidak ada lagi diantara mereka yang bermusuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar